Thursday, February 1, 2018

Rasulullah Mengajarkan Kita Untuk Memuliakan Tamu, Baik Anak Kecil Maupun Orang Dewasa

Ada seorang perempuan akan mengeluh kepada
Rosulullah karena perilaku suaminya. Suaminya selalu memanggil orang-orang ke rumahnya,
menjamunya sehingga sering banyak tamu yang menyebabkan dia, sang istri,
kerepotan dan kecapean. Tapi sang istri keluar dari tempat Rosul & dia tidak mendapat jawaban dari Rosul.


Setelah beberapa waktu, Rosulullah pergi ke rumahnya & Rosul bersabda kepada sang suami bahwasannya aku adalah tamu dirumahmu hari ini.


Begitu bahagia sang suami karena hal tersebut dia pun menuju istrinya untuk mengkhabarkan bahwa tamu hari ini adalah Rosulullaj. Si istri pun merasa bahagia karena khabar tersebut, dia pun memasak masakan yang lezat & nikmat, dia lakukan hal tersebut dengan perasaan bahagia didalam hatinya.

Ketika Rosul akan pergi dari rumahnya setelah beliau mendapat kemulyaan, perasaan bahagia & dengan keridhoan pasangan itu. Rosul bersabda kepada suaminya, "Ketika aku akan keluar dari rumahmu, panggil istrimu & perintahkan dia untuk melihat ke pintu tempat aku keluar nanti.

Maka sang istri melihat kepada Rosul keluar dari rumahnya di ikuti dengan binatang-binatang melata, berbagai kalajengking & segala yang membahayakan keluar di belakang Rosulullah.

Terkejutlah sang istri dari sesuatu yang dia lihat di hadapannya. Maka Rosulullah bersabda, "Seperti itulah setiap para tamu keluar dari rumahmu maka keluar pula segala bala', segala bahaya & segala binatang yang membahayakan dari rumahmu. Maka inilah hikmah dari memulyakan tamu & tidak perlu berkeluh kesah karenanya.

Rumah yang didalamnya banyak tamu adalah rumah yang dicintai Allah. Begitu indahnya rumah yang selalu terbuka untuk anak kecil atau dewasa. Rumah yang didalamnya turun rohmat-rohmat & berbagai keberkahan dari langit.

Rosulullah bersabda, "Jika Allah menginginkan kebaikan terhadap satu kaum maka Allah akan memberikan hadiah kepada mereka".

Shohabat bertanya, Apa hadiah tersebut Ya Rasulallah?" Rosul bersabda, "Tamu, karena sebabnya akan turun rizqi kepada pemilik rumah & pergi dosa-dosa penduduk rumah".

وقال صلى الله عليه وسلم: كل بيت لا يدخل فيه الضيف لا تدخله الملائكة ".
Rosulullah bersabda, "Rumah yang tidak dimasuki tamu (tidak ada tamu) maka tidak masuk malaikat rohmat".

وقال صلى الله عليه وسلم: الضيف دليل الجنة
Rosulullah bersabda, "Tamu adalah penunjuk jalan menuju syurga".

وقال رسول الله صلى الله عليه وسلم من كان يؤمن بالله واليوم الآخر فليكرم ضيفه.
Rosulullah bersabda, "Siapa orang yang beriman kepada Allah & hari akhir maka hendaknya dia memulyakan tamu".

Semoga kita termasuk umat yang mengamalkan ajaran Rasulullah. Diantaranya memuliakan tamu, seperti keterangan diatas. Amin.

Bagikan

Jangan lewatkan

Rasulullah Mengajarkan Kita Untuk Memuliakan Tamu, Baik Anak Kecil Maupun Orang Dewasa
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.